Serangan Cyber dari Indonesia Menggila,Apa Sebabnya?

blogger templates
http://us.images.detik.com/content/2013/10/18/323/tampilandos460.jpg
Jakarta - Data yang cukup mengejutkan baru saja digelontorkan Akamai Technologies. Di situ tertulis bahwa Indonesia menempati urutan teratas sumber serangan cyber di seluruh dunia.

Dibandingkan pada kuartal pertama 2013 hingga akhir kuartal kedua 2013, jumlah serangan yang berasal dari Indonesia meningkat dua kali lipat.

Berdasarkan laporan keamanan tersebut, Indonesia mengantongi porsi terbesar serangan dengan perolehan 38%, naik 17% dari periode sebelumnya. Sedangkan China, yang sebelumnya mendominasi, kini hanya memiliki porsi 33%.

Menurut pengamatan Alfons Tanujaya, praktisi keamanan internet dari Vaksincom, data yang dikeluarkan oleh Akami itu terbilang mencengangkan. Terlebih jika membandingkan jumlah IP di Indonesia dengan negara lain.

"Indonesia itu cuma punya IP publik sekitar 5,8 juta, China ada 100 juta lebih dan Amerika 145 juta lebih. Lalu kok bisa, Indonesia mengalahkan mereka (serangan cyber China dan AS-red.)," kata Alfons, saat berbincang dengan detikINET, Jumat (18/10/2013).

Menurutnya, ada beberapa hal yang jadi pemicu Indonesia sebagai sarang serangan cyber. Salah satunya kontrol keamanan internet yang kurang ketat dari pemerintah dan kurangnya kepedulian para pihak penggelola IP di Tanah Air.

"Mereka yang mengelola harusnya sadar, dan bisa mengambil langkah-langkah untuk mengamankan server mereka. Harusnya mereka malu dengan kejadian ini," tegas Alfons