Biro Kepegawaian Selenggarakan PPA Tahap II

blogger templates
Biro Kepegawaian Selenggarakan PPA Tahap II

Jakarta (Pinmas) — Biro Kepegawaian Kementerian Agama (Kemenag) menyelenggarakan kegiatan Pilot Project Assessment (PPA) Tahap II Tahun 2013 di Ruang Assessment Center Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng 3-4, Jakarta, Senin (07/10).
Biro Kepegawaian (Karopeg) Dr. H. Mahsusi dalam sambutannya mengatakan, bahwa Pilot Project Assessment ini merupakan kelanjutan dari Pilot Project Assessment Tahap I yang dilakukan bagi PNS pemangku Jabatan Struktural dan Fungsional di lingkungan Kementerian Agama Pusat dan Penyuluh Agama serta Penghulu perwakilan dari tiga belas provinsi sebagai sampling.
“Kegiatan ini sangat penting, karena terkait dengan perencanaan SDM dalam rangka peningkatan kualitas SDM para pejabat di lingkungan Kemenag, sekaligus sebagai salah satu tahap menguji validitas alat ukur assessment dan kamus kompetensi yang telah dirumuskan oleh Biro kepegawaian yang diambil dari Standar Kompetensi Jabatan pada masing-masing unit Eselon I  Kementerian agama”, terang Karopeg.
Pilot Project Assessment  ini, lanjut Karopeg, dilakukan bagi Jabatan Struktural eselon III, IV dan Pemangku Jabatan Fungsional di lingkungan Ditjen Pendidikan Islam yang berjumlah 100 orang, Ditjen Bimas Islam 92 orang, Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah 56 orang, Inspektorat Jenderal 21 orang, dan Kepala Madrasah MI, MTs dan MA pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta sebanyak 34 orang.
 303 peserta akan dibagi ke dalam 20 angkatan (batch), setiap angkatannya, terdiri atas 15 peserta. Setiap peserta akan menjalani assessment selama dua hari”, ujar Mahsusi.
 Metode yang digunakan adalah Assessment Center, dimana setiap peserta akan menjalani beragam simulasi (tugas) dan akan dinilai oleh lebih dari satu assessor. Peserta pun akan mendapat beberapa kuesioner untuk diisi guna mengevaluasi instrument Kamus Kompetensi, Standar Kompetensi Jabatan dan alat ukur assessment.
Pelaksanaan Pilot Project Assessment Tahap II Tahun 2013 ini diselenggarakan 7 Oktober s.d. 6 November 2013. (g-penk