Berbagi Kisah Titik Balik Kehidupan dalam Bentuk Tulisan

blogger templates

Berbagi Kisah Titik Balik Kehidupan dalam Bentuk Tulisan

  • Minggu, 29 September 2013 | 23:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Butuh keberanian dan ketulusan untuk berbagi kisah titik balik yang acap kali mengingatkan kembali perjalanan getir dalam hidup. Namun, cerita-cerita titik balik itulah yang sering menggugah semangat banyak orang untuk tegar.

Bekerja sama dengan Manulife, situs blog Kompasiana.com berhasil mengajak anggotanya menuliskan kisah-kisah titik balik. Tak kurang Ada 117 tulisan terkumpul di Topik Pilihan Kompasiana bertemakan Titik Balik saat ini.

Pepih Nugraha selaku Managing Editor Kompasiana memuji kisah inspirasi yang luar biasa telah diceritakan oleh para bloger Kompasiana itu. Tujuan penulisan kisah-kisah tersebut adalah mengajak komunitas berbagi titik balik kehidupannya yang bisa menginspirasi banyak orang.

Tak hanya penulisan secara online, Kompasiana juga menggelar kegiatan Kompasiana Nangkring bersama Manulife, Sabtu (28/9/2013), di Kafe Pisa Mahakam, Jakarta. Berbagi kisah titik balik bersama menjadi tema acara ini yang dihadiri oleh puluhan bloger Kompasiana atau biasa disebut kompasianer. Kegiatan Kompasiana Nangkring ini merupakan ajang kopi darat teman-teman bloger dan kegiatan rutin Kompasiana setiap bulan.

"Kami berharap dengan acara ini, banyak orang berbagi kisah titik balik positif sehingga pembaca dapat tergerak merubah kehidupan menjadi lebih baik lagi," kata sambutan Felicia Gunawan, Vice President Corporate Communication & PR Manulife.

Di acara tersebut, Kompasianer bernama Aulia Gurdi menceritakan tentang kisah titik baliknya merawat anaknya yang menderita autisme. Selain itu, ada pula Kompasianer Lovema Syafei yang menceritakan tentang titik baliknya ketika keluar dari kecanduan narkoba. Sontak peserta hening mendengarkan kisahnya yang menginspirasi.

Tak hanya berbagi kisah, para peserta juga diberi ilmu dalam segi penulisan.

"Menulis itu bukan hal yang mudah. Terutama memilah angle yang tepat dalam menulis," kata Abdul Khalik selaku Co Managing Editor Jakarta Globe. Ia menyoroti bagaimana penulis memilih angle yang tepat agar menjadi sebuah tulisan yang menarik.


Selain melihat angle yang menarik, mendramatIsasi sebuah tulisan itu juga penting. "Menulis itu bisa harus memilah bagaimana yang paling dramatis yang harus diruncingkan," kata Okky Madasari, novelis peraih Khatulistiwa Literary Award 2012.

Sebagai kelanjutan dari acara ini, Kompasiana bersama Manulife mengadakan lomba berbagi kisah titik balik di FB Apps Manulife yang berhadiah total Rp 50 juta. Bagikan kisah titik balik Anda di FB Apps Manulife di sini. (MEL)