PPS Bantul Susun DPS Perbaikan Sesuai Prosedur

blogger templates

PEMILU 2014

PPS Bantul Susun DPS Perbaikan Sesuai Prosedur.PPS Bantul Susun DPS Perbaikan Sesuai Prosedur.
Harianjogja.com, BANTUL-Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menilai panitia pemungutan suara setempat sudah bekerja sesuai prosedur dalam menyusun daftar pemilih sementara hasil perbaikan atau DPSHP Pemilu 2014.
“Rata-rata panitia pemungutan suara (PPS) sudah bekerja sesuai prosedur, diantaranya sudah menggelar pleno dan menyerahkan ‘soft copy’ kaitannya dengan DPSHP ke pengawas pemilu lapangan (PPL) dan ke tingkat atasnya,” kata Ketua Panwaslu Bantul, Supardi, Rabu (4/9/2013).
Menurut dia, pihaknya bersama panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) dan PPL telah melakukan pengawasan di sekitar 500 tempat pemungutan suara (TPS) kaitannya dengan DPSHP yang disusun petugas PPS tingkat kelurahan.
Ia mengatakan, dalam menyusun daftar, PPS juga sudah meminta data dari petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) di tiap rukun tetangga dan pedukuhan, untuk kemudian entri data dalam DPSHP Pemilu 2014.
“Untuk DPSHP ini kinerja PPS lebih baik dibanding pada saat penyusunan DPS awal, karena saat itu masih ada PPS yang tidak menggelar pleno, sementara hasilnya sudah diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” katanya.
Menurut dia, rapat pleno sebelum menyerahkan hasil entri data diperlukan untuk mengetahui dan melacak kesalahan seperti adanya warga yang tercecer, hingga data ganda atau terdaftar di dua TPS berbeda.
“Kami berharap sebelum DPSHP ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) melalui pleno nanti data pemilih harus benar-benar fix, semua kesalahan yang bisa memicu konflik saat Pemilu bisa diantisipasi,” katanya.
Jumlah DPSHP Pemilu Bantul 2014 yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat beberapa waktu lalu sebanyak 727.925 orang dan hingga saat masih dalam proses perbaikan di tingkat PPS sebelum penetapan DPT pada 13 September 2013.
Editor: | dalam: Bantul |