Belajar Secara Praktis, Efektif, dan Efisien

blogger templates
ditulis oleh : Teguh Firman Saputra/ 8.6
Tanggal 30 September 2013



               Banyak Orang beranggapan bahwa yang dimaksud belajar adalah mencari ilmu.Ada lagi yang mengatakan bahwa belajar adalah menyerap pengetahuan, ini berarti bahwa orang harus mengumpulkan fakta sebanyak-banyaknya. Berdasarkan Konsep ini masih perlu dipertanyakan, apakah dengan belajar orang akan tumbuh dan berkembang?

     Belajar merupakan suatu proses, bukan suatu hasil.Dengan Demikian, belajar berlangsung secara aktif dan integratif dengan menggunakan berbagai bentuk perbuatan untuk mencapai tujuan.Belajar merupakan kebutuhan setiap manusia. Apabila manusia itu butuh, ia akan melakukan kegiatan belajar. Demikian pula denganmu karena kamu butuh sesuatu maka kamu belajar.

         Belajar harus terarah untuk mencapai tujuan.Untuk mencapai tujuan itu, kamu harus menentukan program belajar.Dengan program belajar yang telah kamu tentukan, kamu akan memiliki berbagai pilihan atau alternatif tindakan atau cara untuk mencapai tujuan.Setelah itu baru kamu melakukan kegiatan/aktifitas yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan.Dengan demikian, belaajr akan lebih efektif dan efesien sesuai dengan bakat,potensi,dan kemampuan yang ada pada individu masing-masing.

Kamu bisa mencapai tujuan dalam belajar dengan :
a. Belajar dengan giat.
b. Disiplin dan bertanggung jawab, dan
c. Pantang Menyerah.