Kemendikbud Berikan 20.000 Beasiswa Unggulan

blogger templates

Kemendikbud Berikan 20.000 Beasiswa Unggulan

BANDUNG, (PRLM).- Sejak tahun 2006 lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyalurkan beasiswa unggulan kepada 20.000 mahasiswa dari Indonesia maupun luar negeri. Mahasiswa Indonesia yang kuliah di perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN/PTS) maupun perguruan tinggi di luar negeri akan dibiayai pemerintah sesuai dengan program studinya.
“Kalau beasiswa bidik misi yang juga disediakan Kemendikbud diberikan kepada lulusan SMA/MA yang berasal dari keluarga kurang mampu. Sedangkan beasiswa unggulan kepada para mahasiswa yang berprestasi,” kata Koordinator beasiswa unggulan Kemendikbud, Dr. AB Susanto, M.Sc, di Hotel Horison, Minggu (6/10/13).
Lebih jauh AB Susanto mengatakan, mahasiswa berprestasi yang sedang kuliah baik di PTN/PTS dalam maupun luar negeri bisa mengajukan beasiswa unggulan Kemendikbud. “Nanti kita akan proses disesuaikan dengan lokasi anggaran yang ada. Untuk mahasiswa yang kuliah di dalam negeri akan dibantu untuk biaya kuliahnya disesuaikan dengan biaya dari PTN/PTS yang bersangkutan,” ucapnya.
Sedangkan mahasiswa Indonesia yang kuliah di perguruan tinggi luar negeri dibantu untuk biaya hidup atau kebutuhan sehari-hairnya. Sedangkan biaya kuliah berasal dari anggaran pribadi maupun mendapatkan beasiswa dari lembaga lain. “Misalnya, kalau ada mahasiswa Indonesia yang kuliah di Amerika Serikat akan mendapatkan beasiswa sebesar 1.000 dolar AS atau sekitar Rp 11 juta per bulannya,” katanya.(A-71/A-108)***