Usai Berenang, Otak Gadis Berusia 12 Tahun dimakan parasit....

blogger templates

Usai Berenang, Otak Gadis Berusia 12 Tahun Dimakan Parasit

Prins David Saut - detikNews
Foto: Ilustrasi Taman Air Willow Springs Arkansas (news.com.au)
Jakarta - Sehari setelah bermain di Taman Air Willow Springs, Arkansas, Kali Hardig dilarikan ke rumah sakit. Gadis kecil berusia 12 tahun ini mengalami meningitis karena parasit di otaknya.

Ternyata parasit berjenis amuba tersebut adalah parasit pemakan otak yang bisa ditemukan di perairan hangat. Meningitis yang disebabkan oleh parasit bernama Naegleria fowleri ini sangat jarang terjadi.

Kali mengalami demam dan muntah-muntah sehari setelah berenang di taman air tersebut. Ibunya, Hardig Kristen, khawatir setelah melihat bola mata anaknya tampak seperti berputar-putar.

"Aku tidak bisa menurunkan demamnya dan dia mulai muntah. Dia mengatakan kepalanya sangat sakit lalu menangis. Dia melihat saya dan matanya tampak berguling," kata Hardig seperti yang dikutip oleh news.com.au, Selasa (30/7/2013).

Kali dilarikan ke rumah sakit dan mengalami kondisi koma. Peristiwa ini menarik perhatian Departemen Kesehatan Arkansas, yang menyebutkan penderita penyakit ini hanya memiliki kesempatan hidup yang tipis.

"Naegleria fowleri tidak menular antara manusia dan biasanya masuk melalui hidung manusia saat berada di dalam air," ujar departemen kesehatan tersebut.

Begitu pula dengan pihak pengelola Taman Air Willow Springs yang kemudian menutup tempatnya sejak kasus ini muncul. Pengelola menghindari jatuhnya korban lain. Sementara Kali masih berjuang melawan parasit pemakan otak di Rumah Sakit Anak Little Rock, Arkansas.



(vid/ahy)