Aplikasi Dapodik Perlu Dilestarikan dan Didukung Bersama

blogger templates

Aplikasi Dapodik Perlu Dilestarikan dan Didukung Bersama

Kesuksesan program Dapodik butuh dukungan dan kerja sama berbagai pihak.
Bandung (Dikdas): Aplikasi Data Pokok Pendidikan 2013 merupakan kelanjutan dari sistem penjaringan data yang dimiliki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ia satu-satunya sistem yang direkomendasikan oleh Kemdikbud yang melibatkan unit-unit utama di lingkungan Kemdikbud sebagaimana amanat Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan.

“Sehingga ini perlu kita lestarikan dan suppport bersama,” ujar Supriyatno, S.Pd., M.A., Kasubag Data dan Informasi Bagian Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar di Bandung, Senin malam, 22 Juli 2013.

Data tersebut, lanjut Supriyatno, diharapkan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. “Data ini tak sekadar dimanfaatkan di tingkat Pusat, tapi juga Provinsi, Kabupaten/Kota, dan sekolah,” tegasnya.    

Dengan memanfaatkan data yang tersimpan dalam Dapodik, operator Dapodik di Provinsi dan Kabupaten/Kota juga dapat menyusun profil pendidikan di daerah masing-masing.* (Billy Antoro)