Kurikulum 2013, Jadikan Siswa/i Lebih Aktif

blogger templates

Kurikulum 2013 Jadikan Siswa Lebih Aktif

07/29/2013 (All day)
Manado -- Kepala Sekolah SD Kristen 02 Manado, Sulawesi Utara, Jooke M Lendo, menyatakan kurikulum 2013 mengubah pola pikir para guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.  Ia mengatakan, para siswa menjadi lebih aktif selama proses pembelajaran berlangsung.
Sebelumnya, kata Jooke, dirinya sering membaca tentang pembelajaran tematik terpadu melalui internet. Menurutnya model tersebut tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006. Hanya saja pada pola tematik terpadu ini para siswa menjadi lebih aktif.
“Saya dan salah satu guru kelas 1 telah mengikuti diklat guru inti di Makassar terkait pelaksanaan kurikulum 2013 dan hasilnya sangat luar biasa karena sangat melengkapi para kepala sekolah dan guru dari sekolah sasaran sehingga para kepala sekolah dan guru mulai menerapkan pola pelajaran tematik dan terpadu tersebut pada tahun ajaran baru ini," katanya, Kamis (25/7)
Melalui pelatihan Kurikulum 2013, terang Jooke, sangat berorientasi pada siswa. Oleh karena itu, dengan melakukan pendekatan scientific pola pembelajaran Kurikulum 2013  mendorong siswa aktif mengamati baik di dalam maupun di luar kelas.
“Dengan  bertanya, menalar dan mencoba sehingga otomatis menginspirasi siswa menceritakan pengalaman-pengalaman mereka melalui proses pertanyaan menantang yang diajukan para guru.” katanya.
Dengan kurikulum 2013, kata Jooke, terjadi interaksi yang aktif antara siswa dan guru di kelas. "Menurut kami pola pembelajaran ini sangat menyenangkan bagi guru dan siswa, Saya sangat mendukung pola pembelajaran ini,” pungkasnya.(EH