Indonesia Juara Umum APSSO ke-5

blogger templates

Indonesia Juara Umum APSSO ke-5

Agus Firmansyah, Ketua Delegasi Indonesia di APSSO 2011.
Yogyakarta (Dikdas): Kendati belum diumumkan secara resmi, Indonesia memastikan diri sebagai juara umum dalam 5th ASEAN Primary School Sports Olympiad (APSSO). Hal demikian ditegaskan Ketua Delegasi Indonesia Agus Firmansyah di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Kamis malam (13/10).

Dalam pertemuan antara Kementerian Pendidikan Nasional yang diwakili Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dr. Bambang Indriyanto dengan peserta, pelatih, pendamping, dan official APSSO Indonesia, Agus Firmansyah mengungkapkan Indonesia hingga akhir pertandingan berhasil meraih sembilan emas, 14 perak, dan 13 perunggu. “Dari perolehan tersebut, urutan Indonesia yang pertama,” ujarnya disambut tepuk tangan hadirin.       

Dari perolehan tersebut, cabang atletik memborong seluruh medali dari empat nomor yang dilombakan dengan empat emas, empat perak, dan empat perunggu. Cabang bulu tangkis menyumbang dua emas, empat perak, dan satu perunggu. Catur tiga emas, empat perak, dan empat perunggu. Tenis meja satu perak dan empat perunggu. Sepak bola satu perak.    

Delegasi Indonesia, ungkap Agus Firmansyah, didukung 144 orang. Mereka terdiri dari 82 atlet, 14 pelatih, 31 pendamping, dan 17 official. “Atletik atletnya 16 orang, bulu tangkis 12 orang, catur 12 orang, sepak bola 30 orang, dan tenis meja 12 orang,” jelasnya. 

Sebelum melenggang ke laga APSSO, para atlet menjalani pemusatan latihan (Training Center) di Yogyakarta sejak 26 September 2011. Di TC ini atlet dilatih dan dibina terutama dalam hal kerjasama kelompok dan kekuatan mental.* (Billy Antoro