Rebut Dua Piala, UNAS Raih Predikat "PTS Unggulan 2013"

blogger templates

Rebut Dua Piala, UNAS Raih Predikat "PTS Unggulan 2013"


Rektor Universitas Nasional Drs El Amry Bermawi (tengah/mengangkat piagam) bersama para Wakil Dekan Fakultas Unas usai menerima piala PTS Unggulan 2013, Kamis (12/12/2013). Universitas Nasional tahun ini dinobatkan sebagai PTS Unggulan 2013 Tingkat Kopertis Wilayah III untuk kategori pembelajaran dan tata kelola penjaminan mutu. | Dok UNAS
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melampaui tahapan seleksi cukup ketat, Universitas Nasional (Unas) dinobatkan sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) Unggulan 2013 Tingkat Kopertis Wilayah III. Meski baru pertama kali ikut serta dalam pemilihan, Unas langsung memboyong dua piala sekaligus, yaitu untuk kategori pembelajaran dan tata kelola penjaminan mutu.

Demikian diumumkan Ketua Dewan Juri Pemilihan PTS Unggulan 2013 Tingkat Kopertis Wilayah III,  Prof Dr Muljani A. Nurhadi dalam Rapat Kerja Daerah Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah III di Jakarta, Kamis (12/12/2013) lalu. Piala dan sertifikat diserahkan oleh Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Dikti, Prof Hermawan Dipoyono didampingi oleh Koordinator Kopertis Wilayah III, Prof. Dr. Ilza Mayuni dan diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Universitas Nasional, Dr. Moch. Rum Alim. 

"Ini bukti keseriusan kami melaksanakan setiap kebijakan yang ada. Setelah dikomparasi dengan perguruang tinggi swasta yang lain, kami unggul di kedua bidang ini," papar Wakil Rektor Bidang Akademik Unas, Dr. Moch Rum Alim kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (16/12/2013).

Adapun tujuan pemilihan PTS Unggulan 2013 bagi pihak Kopertis Wilayah III merupakan upaya pemetaan dan pembinaan daya saing antar PTS. Sementara bagi perguruan tinggi adalah sebagai penguatan institusi melalui pembagian pengalaman akan praktik baik yang telah dilakukan selama ini. Kegiatan ini diharapkan bisa mendorong meningkatnya tertib admisnistrasi akademik dan penggunaan teknologi komputer dalam menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Kami berharap akan muncul perguruan-perguruan tinggi yang ikut memulai tahap peningkatan mutu sebagai pendatang baru pada pemilihan di tahun berikutnya. Jadi, PTS yang tahun ini terpilih dapat memberikan virus dan motivasi yang baik bagi pengembangan PTS lainnya," timpal Ketua Dewan Juri Pemilihan PTS Unggulan 2013 Tingkat Kopertis Wilayah III,  Prof Dr Muljani A. Nurhadi. 

Memang, lanjut dia, tidak semua PTS memenuhi kriteria untuk mengikuti pemilihan PTS Unggulan 2013. Beberapa syarat harus dipenuhi PTS meliputi taat azas EPSBED, memenuhi syarat ketentuan dosen dan jumlah mahasiswa hingga kecukupan rasio dosen dan mahasiswa dalam setiap institusi.

Tercatat dari 349 PTS yang ada di Jakarta, hanya 37 PTS memenuhi kriteria. PTS tersebut kemudian diberikan borang yang harus diisi dalam waktu sudah ditentukan, dan hanya 21 PTS yang mengumpulkan borang.

"Dari seleksi borang itu ada 16 PTS yang layak untuk divisitasi. Hasil visitasi mendapatkan 11 finalis PTS yang harus mempresentasikan keunggulannya di hadapan tim dewan juri dan perwakilan seluruh PTS di Jakarta," ujar Muljani.

Tahun ini finalis PTS Unggulan 2013 terdiri dari tujuh universitas dan empat sekolah tinggi. Pada Pemilihan PTS Unggulan 2013 ini terdapat lima kategori yaitu Pembelajaran, Penelitian P2M, Pengembangan dosen, Kemahasiswaan dan Tata Kelola.
Editor : Latief

0 Response to "Rebut Dua Piala, UNAS Raih Predikat "PTS Unggulan 2013""

Posting Komentar