SMP Negeri 7 Padang Siap Jadi Sekolah Sasaran Tambahan

blogger templates


08/29/2013 (All day)
Padang, Sumbar --- Kota Padang akan menambah jumlah sekolah sasaran yang akan menerapkan Kurikulum 2013. Salah satu sekolah yang masuk dalam daftar tersebut adalah SMP Negeri 7 Padang. Guru-gurunya pun telah mendapat undangan dan siap untuk mengikuti pelatihan. 
"Rencananya pelatihan awal September ini, kami mendapat panggilan dari kepala dinas kota untuk siap-siap dilatih," ujar Syamsniwetti,  Kepala Sekolah SMPN 7 Padang ketika ditemui di ruang kerjanya, pada Rabu siang (28/8).
Ia mengatakan, belum ada persiapan khusus dari sekolah yang dipimpinnya dalam implementasi Kurikulum 2013. Namun meski sekolahnya tidak ditunjuk menjadi sekolah sasaran sejak awal, tidak menyurutkan semangat guru-guru untuk mempelajari sendiri konsep Kurikulum 2013, sehingga ketika ditunjuk menjadi sekolah sasaran, mereka sudah memiliki persiapan.  "Untuk para guru sebelumnya sudah saya suruh untuk membuka dan melihat-lihat di internet. Karena di internet sudah ada materi Kurikulum 2013," ujar Syamsniwetti. 
Menurutnya, antusiasme para guru SMPN 7 Padang sangat bagus dalam merespon Kurikulum 2013. Terbukti banyak yabg belajar secara mandiri dan mencari tau konsep Kurikulum 2013 dan bagaimana implementasinya di sekolah. "Jadi para guru sudah banyak mengetahui secara pribadi seperti pembelajaran agama tiga jam apa saja yang dipelajari, dan PKKN tiga jam apa saja  yang dipelajari," demikian ia memberi contoh.
Ia pribadi sebagai kepala sekolah sangat antusias dengan kurikulum baru itu. "Saya sangat merespon sekali Kurikulum 2013 karena kompetensi siswa itu benar benar dari dirinya dan dikembangkannya," tutur wanita berjilbab itu.
Syamsniwetty melihat, dalam Kurikulum 2013, guru bertindak  sebagai fasilitator. "Guru hanya memberikan masukan-masukan yang sesuai dengan masing bidang studi, tidak terfokus kepada satu bidang tematik  saja," katanya. Kurikulum 2013 ini menurutnya,  adalah penyempurnaan kurikulum sebelumnya, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). "Jadi sekarang guru-guru semakin proaktif dan termotivasi mencari media elektrik (untuk mengajar)," ujarnya.
SMP Negeri 7 merupakan salah satu sekolah unggulan di Kota Padang. Seluruh gurunya sudah memiliki sertifikasi, dan sebagian besar sudah memiliki gelar S2. Sementara peserta didiknya pun sebagian besar memiliki tingkat kecerdasan yang baik, dan secara ekonomi berasal dari keluarga dengan kemampuan ekonomi cukup baik. Sedangkan secara fisik, kondisi gedung SMPN 7 sangat bagus, karena pembangunannya mendapat bantuan dari negara Jepang pascabencana gempa bumi pada 2009 lalu. (EH)