Kemendibud Berikan Penghargaan Penulis Cilik INdonesia

blogger templates

Kemendikbud Berikan Penghargaan Penulis Cilik Indonesia.

11/22/2013 (All day)
Jakarta--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar bekerja sama dengan Penerbit Mizan Pustaka menyelenggarakan Konferensi Penulis Cilik dan Penganugerahan Piala Apresiasi Sastra Indonesia (KPCI) 2013 di Ruang Graha, Kemendikbud, Senayan hari ini Jumat, (22/11).  Kegiatan Penulis Cilik Indonesia  ini telah berlangsung selama empat hari, sejak 20 – 23  November 2013.
Untuk Penganugerahan Piala Apresiasi Sastra Indonesia, Kemendikbud memberikan penghargaan kepada 15 penulis cilik. Peserta yang berpartisipasi terdiri dari 23 Propinsi denga 526 peserta  yang di seleksi oleh dewan juri yang terdiri dari praktisi dan akademisi. Pemenang piala apresiasi sastra Indonesia bagi penulis cilik dengan kategori penulis Juara 1 adalah Jasmine Putri Lintang Sagara Dewi, SDIT Arrahman, Jawa Barat, Juara 2 adalah Intan Nurhaliza, SDN Cipayung 01, Jawa Barat, dan Juara 3 adalah  Ayesha Kamila Rafifah, SD Global Islamic School, DKI Jakarta.
Pemenang Lomba Menulis Cerpen Kategori Penulis Pemula sebagai Juara 1 adalah Salma Rihhadatul Aisy, SD Plus Insan Robbani, Banten, Juara 2 adalah Meiza Maulida Munawaroh, SDN Jenang 02, Jawa Tengah sedangkan Juara 3 adalah Delfina Tazani Fiaryanda, SD Inpres Buli, Maluku Utara.
Karya terpilih dengan kategori penulis Lomba Cipta Pantun,  Juara 1 adalah Elita Fitria, SDN 08 Nanga Lauk, Kalimantan Barat, Juara 2 Rahmi Soleha, SDIT Nurul Ilmi, Jambi sedangkan Juara 3 adalah Jasmine Indri Putri, SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak, Kalimantan Barat.
Kategori Lomba Cipta Syair sebagai Juara 1 adalah Nadasyrin Shaqinaz, SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak, Kalimantan Barat, Juara 2 Eriqqa Hassatunnisa, SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak, Kalimantan Barat sedangkan Juara 3 Tri Refianingrum, SD 1 Rancamaya, Banyumas, Jawa Tengah.
Kategori untuk Lomba Mendongeng sebagai Juara 1 adalah Ihsan Wibisana Nasution, SDN Petojo Utara 013 Pagi, DKI Jakarta, Juara 2 Dzaka Mthassin Ramzan, Madrasah Ibtidaiyah, Alhikmah, Jawa Barat sedangkan Juara 3 adalah Zaniarti Salwa, SDN 57 Ketam Putih, Riau.
Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Ibrahim Bafadal dalam laporannya mengatakan bahwa Konferensi Penulis Cilik  diikuti oleh peserta lomba sastra yang terdiri dari anggota Komunitas Cilik (KPC), dan Penulis Pemula. Konferensi ini merupakan ajang pertukaran pemikiran antar peserta dengan tujuan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni dan sastra, meningkatakan kesadaran siswa tentang pentingnya cerpen sebagai sarana estetika dalam mengungkapkan buah pikiran dan perasaannya dan juga meningkatkan kecintaan siswa terhadap sastra dan bahasa Indonesia sebagai sarana untuk membangun karakter, jati diri, dan kebanggan nasional serta memberi motivasi kepada siswa untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis sejak dini sahutnya.
Direktur Jenderal Pendidkan Dasar, Hamid Muhammad mewakili Mendikbud yang berhalangan hadir  berterima kasih kepada guru, orang tua murid, dan Penerbit Mizan Pustaka yang mampu menggali lebih lagi kemampuan anak-anak untuk menulis. Hamid berharap kerjasama ini dapat berlangsung pada waktu mendatang sehingga semakin banyak anak-anak yang gemar menulis. Hamid juga mengatakan agar publikasi kegiatan seperti ini perlu disebarluaskan melalui berbagai media termasuk Portal Kemdikbud sehingga seluruh peserta didik di tanah air dapat berpartisipasi imbuhnya.
Hamid berharap kegiatan Penulis Cilik Indonesia ini dapat di publikasikan dengan baik, agar ke depan semakin banyak peserta didik yang ikut, juga berharap hasil karya mereka dapat di cetak dan diterbitkan agar karya anak-anak ini dapat memotivasi yang lain serta mendorong mereka agar para juara maupun belum jadi juara jangan berhenti menulis. Tulis lah cerpen, pantun sebanyak-banyaknya sahutnya.
Hadir pada Penganugerahan Piala Apresiasi Sastra bagi peserta didik sekolah dasar ini adalah Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’im serta para pejabat di lingkungan Kemendikbud, perwakilan Mizan Pustaka, dewan juri, para pendamping serta berbagai media. (JS)